Perancangan Sistem Pakar Dalam mengidentifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: SD Swasta Muhammadiyah 32 Medan)

Authors

  • Farid Anshari STMIK Logika
  • Muhammad Hendri
  • Sri Ramdahany
  • Arfiana Agustiana Tarigan

DOI:

https://doi.org/10.36520/jai.v9i1.164

Keywords:

Sistem Pakar, Indetifikasi, belajar, Metode Forward Chaining

Abstract

Belajar merupakan suatu bentuk kegiatan mental yang melibatkan kemampuan otak dalam menyerap, mengolah dan menyampaikan informasi. Untuk mengingat apa yang telah diajarkan, otak tentunya haus dapat mengolah informasi tersebut dan memahaminya. Setiap manusia yang dilahirkan memiliki karakteristik kemampuan otak yang berbeda-beda dalam menyerap, mengolah dan menyampaikan informasi. Dalam proses belajar mengajar, banyak hal yang akan hilang karena sifat tidak permanen, hal ini terjadi apabila kegiatan belajar tidak sesuai dengan modalitasnya yang atinya cara menyerap informasi melalui indera yang dimiliki. Berbagai bentuk cara belajar yang disebut dengan gaya belajar, atau bias disebut dengan modalitas belajar. Setiap pelajar memiliki gaya belajarnya sendiri. Ada tiga modalitas proses belajar yang mendidik, yaitu visual, auditori dan kinestetik. Penyerapan informasi bergantung pada cara orang mengusahakannya. Jika seorang pelajar menangkap informasi atau matei sesuai dengan tipe gaya belajarnya, maka tidak aka nada pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi yang mampu menentukan gaya belajar siswa menggunakan metode forward chaining sehingga nantinya dengan aplikasi kita dapat menentukan gaya belajar siswa yang bersangkutan.

References

A. A. Aziiza, R. Darrel, and B. Prijambodo, “DEVELOPMENT OF A BOARDING HOUSE INFORMATION SYSTEM WITH 360° VIRTUAL TOUR,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1183–1187, 2025.

N. Aftabi, N. Moradi, F. Mahroo, and F. Kianfar, “Sd-abm-ism: An integrated system dynamics and agent-based modeling framework for information security management in complex information systems with multi-actor threat dynamics,” Expert Syst. Appl., vol. 263, p. 125681, 2025.

T. Lu and Y. Zhang, “1+ 1> 2? Information, humans, and machines,” Inf. Syst. Res., vol. 36, no. 1, pp. 394–418, 2025.

G. E. Mushi, P.-Y. Burgi, and G. D. M. Serugendo, “Designing a farmers digital information system for sustainable agriculture: The perspective of Tanzanian agricultural stakeholders,” Electron. J. Inf. Syst. Dev. Ctries., vol. 91, no. 1, p. e12344, 2025.

L. Pieszczek and M. Daszykowski, “Integrating hyperspectrograms with class modeling techniques for the construction of an effective expert system: quality control of pharmaceutical tablets based on near-infrared hyperspectral imaging,” J. Pharm. Biomed. Anal., p. 116697, 2025.

L. Zhou and H. Wang, “Multi-task model of adaptive multi-scale feature fusion and adaptive mixture-of-experts for equipment remaining useful life prediction and fault diagnosis,” Expert Syst. Appl., p. 126807, 2025.

R. Raudhah, I. Muhammad, and S. Ramadhany, “Penerapan Market Basket Analysis dengan Menggunakan Metode Association Rule Untuk Pengenalan Pola Perilaku Konsumen,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 6, p. 2059, 2022.

M. H. Zolfagharnasab et al., “A novel rule-based expert system for early diagnosis of bipolar and Major Depressive Disorder,” Smart Heal., vol. 35, p. 100525, 2025.

V. C. Hardita, C. Elmayantie, and others, “Application of Mental Health Android-based using Forward Chaining Method,” IIAI Lett. Informatics Interdiscip. Res., vol. 5, 2024.

L. Marlina, A. Aswandi, and S. Wahyuni, “APPLICATION FOR DISTRIBUTING THESIS SUPERVISORS BASED ON WEB-BASED CRITERIA FOR FIELD OF EXPERTISE FORWARD CHAINING METHOD,” Pros. Univ. DHARMAWANGSA, vol. 3, no. 1, pp. 499–507, 2023.

T. Frühwirth, Principles of Rule-Based Programming. BoD--Books on Demand, 2025.

A. Mattioli and F. Paternò, “Understanding User Needs in Smart Homes and How to Fulfil Them,” in International Symposium on End User Development, 2023, pp. 125–142.

H. Chi, Q. Zeng, and X. Du, “Detecting and handling ${$IoT$}$ interaction threats in ${$Multi-Platform$}$${$Multi-Control-Channel$}$ smart homes,” in 32nd USENIX Security Symposium (USENIX Security 23), 2023, pp. 1559–1576.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Anshari, F., Hendri, M., Ramdahany, S., & Tarigan, A. A. (2025). Perancangan Sistem Pakar Dalam mengidentifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: SD Swasta Muhammadiyah 32 Medan). Jurnal Armada Informatika, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.36520/jai.v9i1.164