Perancangan Aplikasi Menentukan Siswa Yang Mendapat Beasiswa Dengan Metode AHP (Studi Kasus: SMK PAB 1 Helvetia)

Penulis

  • Muhammad Luthfi Rizki
  • Raudhah
  • Sahara Abdy

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan, Siswa, Beasiswa

Abstrak

SMK PAB 1 Helvetia merupakan sekolah yang mengedepankan kemajuan pendidikan Indonesia, dengan memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu agar tetap dapat melanjutkan studinya hingga selesai. Pemberian beasiswa selama ini tidak menggunakan sistem, hanya sebatas melihat dan mendengar serta mendapatkan informasi dari orang-orang yang terhubung dengan siswa yang menurut penilaian sekolah berhak mendapatkan bantuan. Pemilihan siswa kurang mampu serta berprestasi merupakan salah satu bagian yang rumit, karena memerlukan kriteria dalam penilaian. Pada saat ini, untuk beasiswa diberikan pada siswa kurang mampu serta siswa yang berprestasi, tetapi penilaian tidak transparan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu mengatasi hal tersebut. Untuk metode yang sesuai menggunakan AHP. Metode ini dianggap metode yang paling sesuai karena metode ini membandingkan secara langsung objek (dalam hal ini siswa) satu dengan lainnya, sehingga terlihat transparansinya..

Referensi

K. Sitompul, M. Jannah, A. A. Nababan, and J. Hamunangan, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Penentuan Siswa Teladan Menggunakan Metode AHP Pada SMA Harapan Bangsa Tanjung Morawa,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 77–86, 2023.

T. S. Alasi, R. Wanto, and V. H. Sitanggang, “Implementasi Kriptografi Algoritma Idea Pada Keamanan Data Teks Berbasis Android,” J. Inf. Komput. Log., vol. 2, no. 1, 2020.

S. N. Maharani and I. Purnamasari, “Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi Dengan Metode AHP Pada SDS Harapan Jaya,” Bianglala Inform., vol. 11, no. 2, pp. 64–70, 2023.

A. F. Fadhullah and others, “DECISION SUPPORT SYSTEM MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI DI SMK MUHAMMADIYAH GISTING,” SEAT J. Softw. Eng. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 28–36, 2023.

G. Galih, W. Wandi, and H. Herlambang, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI BERBASIS WEB DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS),” EDUSAINTEK J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 11, no. 1, pp. 367–378, 2024.

B. Sinuraya, A. Pinem, and J. Perangin-angin, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)(Study Kasus: SMK Dharma Patra P. Berandan),” LOFIAN J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, no. 1, pp. 6–11, 2023.

W. Wisnumurti, N. Lestari, and S. T. Faulina, “PERANCANGAN METODE AHP DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN SISWA BARU,” J. Teknol. Inf. Mura, vol. 15, no. 1, pp. 30–40, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

01-06-2023

Cara Mengutip

Muhammad Luthfi Rizki, Raudhah, & Sahara Abdy. (2023). Perancangan Aplikasi Menentukan Siswa Yang Mendapat Beasiswa Dengan Metode AHP (Studi Kasus: SMK PAB 1 Helvetia). Jurnal Armada Informatika, 7(1), 266–273. Diambil dari https://jurnal.stmikmethodistbinjai.ac.id/jai/article/view/70