Algoritma Blowfish Untuk Pengaman Pesan Teks

Penulis

  • Tomy Satria Alasi
  • Jakaria Sembiring

Kata Kunci:

Pengamanan, Pesan Teks, Algoritma Blowfish

Abstrak

Penelitian untuk menjabarkan bagaimana proses pengamanan pesan. Karena berkomunikasi sama satu lain adalah sifat dasar manusia sejak di lahirkan, seiring perkembangan zaman media informasi dan menyimpan tulisan berbagai informasi dapat disimpan dalam bentuk pesan text. Dan informasi atau data yang asli bisa saja tidak sampai atau bias sampai tapi sudah diubah atau dirombak pada pihak-pihak yang tidak berhak atau merupakan penyadapan yang dilakukan oleh penyadap atau hacker.

Banyak metode yang digunakan untuk penyandian pesan yang disebut dengan Kriptografi, gunanya untuk merahasiakan dan menyandikan pesan yang dikirim dan pesan yang diterima. Salah satu diantaranya adalah algoritma kunci Simetris atau asimetris, salah satu metode enkripsi pesan adalah Blowfish. Blowfish adalah suatu algoritma penyandian pesan.

Referensi

T. S. Alasi, “Penerapan Algoritma Algoritma Boyer Moore untuk Penyaringan Pesan dan Algoritma Hill Cipher dalam Keamanan Pesan Teks Berbasis Web Chat,” KAKIFIKOM Kumpul. Artik. Karya Ilm. Fak. Ilmu Komput, vol. 1, no. 2, pp. 73–79, 2019.

T. S. Alasi, “Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Ceasar Cipher Untuk Keamanan Data Microsoft Office Word Dan Excel,” J. Inf. Komput. Log., vol. 1, no. 2, 2019.

M. Natsir, “Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data Office Menggunakan Metode Blowfish Dengan Bahasa Pemrograman Java,” J. Format, vol. 6, no. 1, pp. 87–105, 2017.

H. P. Martosedono and P. Purwanto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA BLOWFISH DAN ALGORITMA RC4 PADA APLIKASI KEAMANAN EMAIL,” SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 545–550, 2018.

D. Andriani, “Perancangan Aplikasi Penyandian Teks Dengan Menggunakan Algoritma Chiper Block Chaining,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, pp. 14–23, 2017.

D. Dharma, “Studi Perbanding Penggunaan Algoritma Hash SHA 256 dengan Simetrik dan Asimetrik Ciphers dalam Perancangan Secure SWF Rich Internet Application (RIA),” 2017.

Unduhan

Diterbitkan

01-06-2019

Cara Mengutip

Tomy Satria Alasi, & Jakaria Sembiring. (2019). Algoritma Blowfish Untuk Pengaman Pesan Teks . Jurnal Armada Informatika, 3(1), 215–223. Diambil dari https://jurnal.stmikmethodistbinjai.ac.id/jai/article/view/23

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>