Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web (Studi Kasus : SMP Cahaya Pengharapan Abadi)

Penulis

  • Parade Marojahan Silaban STMIK Logika

Kata Kunci:

Pembelajaran, PHP, Moodle, MySQL

Abstrak

Pembelajaran berbasis web merupakan salah satu proses tambahan yang ada di instansi pendidikan. Saat sekolah melakukan proses pembelajaran masih terhalangi oleh pandemi. Sistem pembelajaran sekolah secara konvensional menjadi terganggu. Dibutuhkannya suatu sistem agar mengurangi jumlah siswa yang datang ke sekolah dan mengurangi atau mencegah penyebaran virus. Maka penulis berusaha membangun sistem perancangan aplikasi pembelajaran berbasis Web, menggunakan PHP, Moodle dan MySQL, untuk memudahkan guru dalam memberikan materi pembelajaran selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi informasi pada dunia pendidikan khususnya di SMP Cahaya Pengharapan Abadi. Hasil dari penelitian ini adalah Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbasi Web mampu memberikan kemudahan bagi sekolah untuk melaksanakan proses belajar mengajar antara guru dan siswa sesuai dengan yang ditetapkan oleh sekolah.

Referensi

Organisasi Perangkat Daerah,” in SINTAKS (Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019), 2019, pp. 128–137.

S. Santoso, I. A. Sitanggang, and G. Melisa, “Perancangan Perancangan Website E-Commerce Ineed. Id,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 19–23, 2022.

I. Ramadhani and T. S. Alasi, “Aplikasi Perpustakaan sekolah Berbasis Web (Studi Kasus: SMA Nasional Gultom Medan),” J. Armada Inform., vol. 6, no. 2, 2022.

F. Febrian and A. Hastuty, “Penerapan Algoritma Vernam Chiper Pada File Transfer Protocol Server Berbasis Php,” J. Sintaks Log., vol. 3, no. 3, pp. 45–52, 2023.

Z. Kurniawan and I. Rahdiana, “Mengoptimalkan Mutu Pembelajaran Melalui Workshop Penggunaan LMS Moodle untuk Dewan Guru SMK Yayasan Abdi Karya 5 Pondok Aren,” J. Pengabdi. Masy. TEKNO, vol. 4, no. 1, pp. 21–26, 2023.

F. Solihah, “Efektivitas Penggunaan Konten e-Learning Berbantuan Moodle Terintegrasi Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis,” Empiricism J., vol. 4, no. 1, pp. 181–191, 2023.

A. Mude, F. L. Witi, K. Sara, M. A. Londa, M. Radja, and L. B. F. Mando, “Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle Bagi Dosen-Dosen Universitas Flores,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 1224–1227, 2023.

M. Y. Putra and D. E. Kurniawan, “Implementasi Sistem Reminder Jadwal pada eLearning Moodle Berbasis API Menggunakan Framework Flutter,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 7–11, 2023.

É. André, S. Liu, Y. Liu, C. Choppy, J. Sun, and J. S. Dong, “Formalizing UML State Machines for Automated Verification--A Survey,” ACM Comput. Surv., 2023.

M. Arif, C. W. Mohammad, and M. Sadiq, “UML and NFR-framework based method for the analysis of the requirements of an information system,” Int. J. Inf. Technol., vol. 15, no. 1, pp. 411–422, 2023.

T. S. Alasi, PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA, 1st ed., vol. 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2023.

T. S. Alasi and others, “Student department model formulation with decision support system using smart method,” in American Institute of Physics Conference Series, 2023, p. 20015.

E. Yigitbas, S. Gorissen, N. Weidmann, and G. Engels, “Design and evaluation of a collaborative uml modeling environment in virtual reality,” Softw. Syst. Model., vol. 22, no. 5, pp. 1397–1425, 2023.

E. Yigitbas, M. Schmidt, A. Bucchiarone, S. Gottschalk, and G. Engels, “GaMoVR: Gamification-based UML learning environment in virtual reality,” Sci. Comput. Program., vol. 231, p. 103029, 2024.

D. Torre, M. Genero, Y. Labiche, and M. Elaasar, “How consistency is handled in model-driven software engineering and UML: an expert opinion survey,” Softw. Qual. J., vol. 31, no. 1, pp. 1–54, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2023

Cara Mengutip

Silaban, P. M. (2023). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web (Studi Kasus : SMP Cahaya Pengharapan Abadi). Jurnal Armada Informatika, 7(2), 288–294. Diambil dari https://jurnal.stmikmethodistbinjai.ac.id/jai/article/view/73