Permainan Monster Defence Dengan Metode Collision Detection Dan Boids Sebagai Media Edukasi Pengenalan Warna Bagi Anak-Anak

Authors

  • Chandra STMIK Times
  • Johanes Terang Kita Perangin-Angin STMIK Times
  • Pieter Octaviandy STMIK Times
  • Robby Wijaya STMIK Times

DOI:

https://doi.org/10.36520/jai.v8i1.94

Keywords:

Monster Defence, Pengarahan, Collision detection, Boids

Abstract

Monster Defence merupakan permainan yang akan terdapat sekumpulan monster dengan warna yang berbeda- beda. Untuk melakukan hal tersebut, maka dapat digunakan algoritma collision detection dan algoritma Boids. Algoritma collision detection adalah proses pengecekan apakah beberapa buah objek spasial saling bertumpuk atau tidak. Jika ditemukan setidaknya ada dua objek yang bertumpukan, artinya kedua objek 3 tersebut dikatakan saling bertumpukan dalam ruang dua dimensi. Algoritma collision detection membahas bagaimana agar seseorang tahu objek mana yang menyentuh objek lain pada bidang koordinat tertentu . Pada ruang spasial dua dimensi objek yang bertumpuk berarti objek spasialnya beririsan . Sementara itu, untuk melakukan pengaturan kecepatan dan pergerakan dari monster, maka akan digunakan metode Boids. Algoritma Boids merupakan sebuah algoritma hasil dari simulasi gerakan berkelompok dan algoritma boids memiliki 3 aturan yaitu, separation, alignment dan cohesion yang menentukan keputusan gerak random Non Player Character (NPC).

References

A. C. Nugraha, M. Khairudin and D. B. Hertanto, "RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL," Jurnal Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 92-98, 2017.

S. A. Pramuditya, M. S. Noto and H. Purwono, "Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika," JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), vol. 2, no. 2, pp. 165-179, 2018.

A. V. Vitianingsih, "Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal INFORM,

vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2016.

T. W. K. Astuti, M. I. Danial, M. Y. Abigail, F. K. Syahputra and D. A. Dermawan, "RANCANG BANGUN GAME ARCADE “COVID WAR” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2," JINACS: (Journal of Informatics and Computer Science), vol. 02, no. 03, pp. 152-158, 2021.

A. I. L. Wicaksono, E. M. A. Jonemaro and M. A. Akbar, "Optimasi Collision Detection Pada 2D Spaceship Game Menggunakan Metode Quadtree," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8630-8639, 2019.

D. R. Harefa and M. B. Ismiati, "PENERAPAN ALGORITMA BOIDS PADA NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM GAME MENEMBAK BURUNG," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 92-101, 2019.

N. Hidayah, Muliadi and I. Ridwan, "ALGORITMA BOIDS DAN LOGIKA FUZZY PADA PERGERAKAN DAN PERILAKU NON PLAYER CHARACTERS PERMAINAN BORNEO MISSION," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 04, no. 01, pp. 71-81, 2016.

D. B. R. A. Putera and T. Yuandana, "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN WARNA MELALUI INDIKATOR ALAMI ASAM BASA," Universitas Trunojoyo Madura, vol. 5, no. 1, pp. 50-54, 2020.

K. T. Martono, "PENGEMBANGAN GAME DENGAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE GAME MAKER," JURNAL SISTEM KOMPUTER, vol. 5, no. 1, 2015.

T. Tafonao, "PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA," Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2018.

L. H. Fasha, Fauziah and M. Gufroni, "IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION PADA GAME SIMULATOR DRIVING CAR," Jurnal String, vol. 3, no. 1, pp. 58-65, 2018.

A. Nurdiyanto and E. Winarno, "PENERAPAN METODE COLLISION DETECTION PADA GAME PETUALANGAN MENGGUNAKAN AKSARA JAWA," Prosiding SENDI_U, pp. 207-212, 2018.

S. Asmiatun, "PENERAPAN ALGORITMACOLLISION DETECTION DAN BAYESIAN UNTUK STRATEGI MENYERANG JARAK DEKAT PADANPC (NON PLAYER CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D," JURNAL TRANSFORMATIKA, vol. 14, no. 1, pp. 6-11, 2016.

E. R. Dewi, "Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas," PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 44-52, 2018.

I. Jaya, "MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG SOFTWARE MICROSOFT VISUAL STUDIO 2015 BERBASIS ANDROID

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Chandra, Johanes Terang Kita Perangin-Angin, Pieter Octaviandy, & Robby Wijaya. (2024). Permainan Monster Defence Dengan Metode Collision Detection Dan Boids Sebagai Media Edukasi Pengenalan Warna Bagi Anak-Anak. Jurnal Armada Informatika, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.36520/jai.v8i1.94