Steganography Menggunakan Advanced Encryption Standard dan Metode Least Significant Bit pada File Bitmap 24-bit

Penulis

  • Marwa Halim STMIK Methodist Binjai
  • Wulan Sri Lestari Universitas Mikroskil Medan

Kata Kunci:

Steganografi, Keamanan Komputer

Abstrak

Penelitian ini membahas penerapan teknik steganografi menggunakan Advanced Encryption Standard (AES) dan metode Least Significant Bit (LSB) pada file bitmap berwarna 24-bit. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan keamanan dan kapasitas penyimpanan pesan rahasia dalam gambar tanpa mengurangi kualitas visual. Proses steganografi dilakukan dengan menyisipkan bit-bit pesan rahasia ke dalam 2 bit terakhir (LSB) dari komponen warna pada setiap piksel gambar. Sebagai langkah tambahan, pesan rahasia dienkripsi menggunakan AES dengan melakukan rotasi 1 bit pada setiap karakter yang ada sebelum disisipkan, meningkatkan tingkat keamanan dan ketahanan terhadap deteksi. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan berbagai citra bitmap 24-bit, dan hasil evaluasi mencakup analisis terhadap kapasitas penyimpanan, kekuatan enkripsi, dan dampak terhadap kualitas visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi AES dan LSB mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi sambil mempertahankan kapasitas penyimpanan yang memadai dan meminimalkan perubahan visual yang terlihat. Temuan ini memiliki potensi aplikasi luas dalam keamanan komunikasi dan perlindungan informasi sensitif dalam domain steganografi.

Referensi

N. A. Ramadhani dan I. Susilawati, “Penerapan Steganografi untuk Penyisipan Pesan Teks pada Citra Digital dengan Menggunakan Metode Least Significant Bit,” Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence, vol. 4, no. 1 , pp. 21-27, Februari 2020.

R. Siringoringo, “ANALISIS PSNR PADA STEGANOGRAFI LEAST SIGNIFICANT BIT DENGAN PESAN TERENKRIPSI ADVANCED ENCRIPTION SYSTEM,” Jurnal METHODIKA, vol. 2, no. 1, pp. 124-130, 2016.

DAVID, A. MURTADO dan U. KASMA, “STEGANOGRAFI PADA CITRA BMP 24-BIT MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT,” Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, vol. 2, no. 1, pp. 71-80, 2012.

anonim, “BMP file format,” Wikipedia, 29 November 2023. [Online]. Available: https://en.wikipedia.org/wiki/BMP_file_format. [Diakses 15 Januari 2024].

A. Ardiansyah dan M. Kurniasih, “Penyembunyian Pesan Rahasia Pada Citra Digital Dengan Teknik Steganograpi Menggunakan Metode Least Significant Bit,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. XIII, no. 3, pp. 96-101, 2018.

Widiarti, R. R. Pertiwi dan A. Sutrisno, “Perbandingan Mean Squared Error (MSE) Metode Prasad-Rao dan Jiang-Lahiri-Wan Pada Pendugaan Area Kecil,” Seminar Nasional TEKNOKA, pp. 56-60, 2017.

A. Kumar, “Mean Squared Error or R-Squared – Which one to use?,” Analytics Yogi, 29 Dec 2023. [Online]. Available: https://vitalflux-com.translate.goog/mean-square-error-r-squared-which-one-to-use/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc. [Diakses 30 1 2024].

S. T. Veena dan S. Arivazhagan, “Forensic steganalysis for identification of steganography software tools using multiple format image,” International Journal of Informatics and Communication Technology (IJ-ICT), vol. 10, no. 3, pp. 188-197, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2023

Cara Mengutip

Halim, M., & Wulan Sri Lestari. (2023). Steganography Menggunakan Advanced Encryption Standard dan Metode Least Significant Bit pada File Bitmap 24-bit. Jurnal Armada Informatika, 7(2), 295–300. Diambil dari https://jurnal.stmikmethodistbinjai.ac.id/jai/article/view/76